Jangan Boros!

24604057631_c6fea02899_z

Ketika Nabi (saw) akan mengambil wudu, Saad (r) mengambil bejana dan menuangkan airnya untuk berwudu. Nabi (saw) memandangnya dan menegurnya, “Wahai Saad, mengapa engkau menghambur-hamburkan air ini?” Dalam segala seuatu terdapat israf, pemborosan. Bahkan jika kalian berwudu dalam sungai yang mengalir deras, tetapi kalian mengambil air terlalu banyak sehingga banyak air yang berjatuhan ke bebatuan, itu adalah israf. Nabi (saw), ketika beliau berwudu, tidak ada air yang menetes dari tangannya atau dari lengannya, atau dari wajahnya, atau ketika membasuh kaki sucinya, tidak ada tetesan air yang keluar percuma.

Sekarang apa yang kita lakukan? Kita membuka keran, airnya mengalir penuh. Kita mengambil wudu dan airnya tetap mengalir, dan kita berbicara kepada seseorang dan airnya tetap mengalir, itu adalah israf. Allah tidak menyukai hal itu, Nabi (saw) tidak menyukai hal itu. Pemborosan adalah haram.

Ketika kami muda, para ulama biasa mengajari kami bagaimana cara berwudu. Ketika kalian membuka keran, airnya keluar dengan menetes, kalian kumpulkan dalam tangan kalian,, lalu membasuh tangan, tidak air yang jatuh pada saat itu, karena itu akan membasahi seluruh bagian tangan kalian yang kering, kemudian basuh sekali lagi dan sekali lagi. Dan antara membasuh tangan yang satu dengan tangan berikutnya kerannya ditutup. Mereka tidak membiarkannya tetap mengalir. Sekarang kita membiarkannya tetap mengalir, dan kita tidak peduli, bukan hanya air, tetapi juga listrik; dan bukan hanya listrik, tetapi juga air panas siang dan malam, itu adalah israf.

Allah tidak menyukai israf. Sekarang orang-orang–“ke mana kamu mau pergi?” “Aku mau ke bioskop.” Itu adalah israf, karena kalian akan pergi ke suatu tempat di mana kalian akan membelanjakan uang kalian; sementara orang lain menunggu untuk makan, mereka tidak punya makanan. Berapa banyak yang harus kalian bayar untuk nonton di bioskop? Banyak! Apa manfaatnya? Tidak ada. Semoga Allah (swt) mengampuni kita dan menjaga kita senantiasa berada di jalan-Nya.

Shaykh Hisham Kabbani
6 Feb 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s